If you want to be updated on this weblog Enter your email here:



rss feed


Sunday, May 04, 2008
Selamat Ulang Tahun, Om Jabo

Iseng-iseng, sambil ngetik-ngetik, kuputar album Kantata Taqwa. Wah, rupanya lagu mereka masih bertenaga. Tapi tiba-tiba saya kok kangen sama Sawung Jabo. Apa kabar dia? Maka kutanyalah 'paman' yang agak maha tahu banyak hal di dunia, Om Google.

Hanya sedikit info tentang Sawung di internet. Terhitung hanya 5 halaman situs yang menyenggol namanya, termasuk www.imdb.com, yang menangkap namanya lantaran bermain di satu film asing, Lucky Miles.

Cari terus, cari cari cari, klik sini klik sana. Ini? Bukan! Yang itu? Ah bukan juga. Terus cari cari cari ... cari cari cari ... Nah! Sampai ketemu biodata singkat si seniman Indonesia yang lumayan lengkap ini di http://oplet.blogspot.com/. Ohhooo, rupanya dia berulang tahun ini hari, tanggal 4 Mei. Ia lahir 57 tahun lalu. Kepingin rasanya langsung kirim kartu ke dia: "Selamat ulang tahun, Om Jabo. Jangan Sudi Berhenti Berkarya. Tetap kerenlah, pokoknya, Om. Ting!"

Nama aslinya Mochamad Djohansyah. Rupanya ia memang banyak menyerap seni dalam hidupnya. Mulai teater di Bengkel Teater di kisaran 1970-an, bersastra, tari, seni rupa, pencak silat, sampai musik--yang memang diperolehnya dari pendidikan formal Akademi Musik Indonesia Yogyakarta.

Pengalamannya yang seabrek dan menggabung itulah melahirkan lagu-lagu yang berlirik puitis sekaligus melodius. Karyanya yang begitu kuat, terutama bagi telinga awam saya, banyak lahir tatkala ia mengibarkan bendera Dalbo bersama Iwan Fals. Lagu Badut yang naratif beriring musik eksprimental, Anak Wayang yang "sangat Sawung", atau Bento yang abadi itu, hasil kolaborasinya dengan Bang Iwan, menjadi lagu ledekan sepanjang masa untuk orang kaya yang selalu semaunya saja, atau pemerintah yang seenak hati atas apapun.

Sekali lagi, selamat ulang tahun, Om Jabo ...

Posted at 03:17 pm by jimpe

 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry